Kereta Api Supercepat Transportasi Masa Depan Indonesia

13275023161728063320
Ilustrasi kereta api supercepat Shinkansen (Wikipedia)
Sungguh menarik sekali membaca berita Kompas.com  , dimana kementerian
Perhubungan sedang menjajaki proyek Kereta Api Supercepat.
Proyek ini ditujukan untuk Jalur Jakarta- Surabaya.Dengan menggunakan
 kereta api supercepat ini jarak perjalanan
Jakarta -Surabaya sejauh 665 km itu bisa dicapai dengan waktu 3 jam saja.
Woow tentunya ini sangat singkat dan cepat sekali bila dibandingkan dengan
kereta api biasa yang memakan waktu 10-15 jam.Jarak tempuh yang dicapai
tentunya tidak terlalu jauh beda dengan menggunakan pesawat terbang.
Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono mengemukan rencana proyek
ini dalam seminar Nasional Perkeretaapian yang diadakan di Kampus UI Depok
hari Rabu(25/1/2012).Adapun yang menjadi pertimbangan bagi Departemen
Perhubungan adalah jumlah dana yang sangat besar yaitu 150 trilliun sampai 180 trilliun.
Proyek ini lagi melakukan studi awal dengan dua investor asing yaitu: China dan Jepang,
dan dengan catatan Pemerintah tetap turut andil dalam pendanaan Proyek ini.Persiapan
untuk proyek ini juga butuh waktu lima tahun.
Melihat Perkembangan jumlah orang yang memakai kenderaan dari tahun ke tahun
yang terus mengalami peningkatan yang cukup tajam antara jumlah kenderaan
bermotor baik roda dua maupun roda empat dibandingkan dengan jumlah jalanan yang
tersedia untuk menampung jumlah kenderaan yang ada tentulah tidak sebanding.
Hal ini tentu akan menjadi masalah besar di kemudian hari kalau tidak cepat di atasi
dan dicarikan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah transportasi yang menjadi
kendala dari tahun ke tahun.Saat ini bangsa kita masih belum mempunyai transportasi
Nasional yang cukup memadai untuk melayani kebutuhan rakyatnya guna
menunjang aktivitas sehari-sehari,terutama pada saat-saat jam sibuk.
Sudah saatnya sekarang ini kereta api menjadi pilihan untuk alat transportasi masa
depan Indonesia,karena beban yang semakin berat di pikul oleh jalan raya sudah
tidak mampu lagi menampung jumlah kenderaan yang selalu bertambah setiap harinya,
yang tentunya akan semakin memperparah kemacetan dan makin banyaknya waktu
yang terbuang secara percuma di jalanan.Saat ini adalah waktu yang tepat buat
kereta api untuk mengambil alih peran itu dengan membangun sistem jaringan
kereta api di dalam kota maupun antar kota,secara terpadu dengan tata ruang
kota dan transportasi lainnya.
1327680813358597871
Half-height platform doors on Tokyo Metro (alicegordenker.wordpress.com)
Di Jepang dan negara maju lainnya di Eropah sudah lama digalakkan kerta
api sebagai transportasi massal yang dapat digunakan oleh seluruh waraganya,
baik untuk transport dalam kota maupun antar kota.Kereta api yang digunakan
tentu sangat jauh berbeda dengan kereta api di tanah air.Teknologi kereta api
mereka telah jauh meninggalkan kita,dengan menggunakan kereta api supercepat,
sehingga jarak yang ribuan kilometer itu bisa ditempuh hanya beberapa jam saja.
Saudara tua kita Jepang sudah menggunakan teknologi kereta api cepat sudah 40 tahun silam.
Kalau negara kita tidak segera memulainya tentunya kita akan semakin jauh ketinggalan.
13276725041704208688
wikipedia
Memang tidak mudah dan gampang untuk menjadikan kereta api super cepat sebagai
transporasi masa depan di tanah air,karena memerlukan dana dan biaya yang sangat besar
untuk membangun sistem jaringan terpadu tersebut dan juga waktu yang lama,
belum lagi  pembebasan tanah yang selalu menjadi masalah pelik di negeri ini.
apalagi melihat kinerja kereta api indonesia yang masih jauh dari memuaskan
untuk mengatasi berbagai masalah keterlambatan ,masalah kerusakan kereta
api dan masalah kenyamanan dalam perjalanan.
Kalau Pemerintah benar-benar serius untuk membangun kereta api supercepat
secara nasional dan bukan hanya untuk Jakarta dan pulau Jawa perlu di bentuk
sebuah otoritas khusus seperti proyek pembangunan Batam dulunya..Adapun
otoritas khusus itu bisa  berada di bawah Prsesiden langsung  dan bertanggung
jawab langsung kepada Presiden.Badan ini bisa di ketuai langsung oleh salah
seorang menteri yang punya reputasi yang baik.Hal penting lainnya yang perlu
dicermati adalah memilih orang -orang yang benar-benar punya hati nurani dan
bersih dari pengaruh suap dan korupsi untuk menjalankan proyek besar ini.
Semoga Kereta api supercepat  ini  betul-betul menjadi transportasi masa
depan Indonesia, dan bukan hanya menjadi mimpi dan khayalan belaka.
Salam kompasiana.Bravo Kereta api Indonesia.
Sumber Berita: Kompas.com